Islam Kosmopolitan Abdur Rahman Wahid

Gusdur yang sangat fenomenal telah membuat jutaan komunitas menyebut namanya, sampai pihak vendor software microsoft juga mengukirr namanya dalam ensiklopedi “encarta” sebagai “muasis” dari The National Awakening Party atau PKB, walaupun menurut penulis Partai adalah wadah yang sangat sempit untuk ukuran ide-ide Gus Dur yang mengglobal. Hal yang sama dilakukan oleh intelektual Mesir Dr. Abdul Mun’im Al-Khifni dalam karya “Mausu’ah Al-Firaq wa Al-Jama’at wa al-mazahibwa al-ahzab wa al-harakat al-islamiyyah” sebuah ensiklopedi tentang 759 organisasi, partai dan gerakan islam di seluruh dunia yang juga menyebut nama besar Abdurrahman Wahid.
Gus Dur layaknya sebuah teks yang memiliki multi tafsir dan tidak mudah untuk membahasnya, baik sebagai budayawan, intelektual, ahli strategi maupun seorang humoris. Walaupun demikian, meski letak obyektifitas Gus Dur hanya diketahui oleh dirinya sendiri. Sehingga, para pengkaji dan peneliti yang berada di luar wilayahnya harur menggunakan metodologi dan pendekatan yang komprehesif. Jadi pengkajian mengenai dirinya tidak berlebihan dan mampu menangkap sisi obyektifitasnya.

Judul: Islam Kosmopolitan
Abdurrahman Wahid
Nilai-Nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan
The Wahid Institue Seeding Plural and Pecaceful Islam
Islam Kosmopolitan Abdur Rahman Wahid Islam Kosmopolitan Abdur Rahman Wahid Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi on November 03, 2011 Rating: 5

No comments:

Komentar