AKHLAK,ETIKA,MORAL,DAN SUSILA

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadiran allah swt karena berkat rahmat nya lah kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul` akhlah, etika, moral dan susila`  tepat pada waktunya.

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Dosen bapak As`adut Tabi`in, M.Pd.I pada bidang mata kuliah pendidikan akhlak di STAI MADINATUN NAJAH RENGAT. Selain itu, kami berharap agar makalah ini dapat menambah wawasan bagi pembaca mengenai akhlah,erika,moral dan susila.

Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak As`adut Tabi`in M.Pd.I selaku dosen pembimbing mata kuliah pendidikan akhlak. Tugas yang telah diberikan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan terkait bidang yang kami tekuni, kami juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan makalah ini.

Kami menyadari ini masih jauh dari kata sempurnah. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan kami nantikan demi kebaikan makalah ini.

Rengat, november 2020

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dunia pendidikian akhlah adalah jiwa dari pendidikan islam dan mencapai suatu akhlak yang sempurna adalah tujuan sebenarnya dari pendidikan. Sebagaimana diutusnya rasulullah muhammad saw sebagai penyempurna akhlak.

Allah telah menganugrahkan akal pikiran kepada manusia sebagai suatu penghormatan,. Membebaninya dengan kewajiban hukum dan memberinya kebebasan memilih antara mengerjakan atau meninggalkan perintah allah di bawah kendali akal pikirannya. Sedangkan pada diri manusia ini sebenarnya telah dibekali oleh allah suatu alat penyaring ( filter)  yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. 

Akhlak sangatlah urgen pada manusia. Urgen akhlak ini saja dirasakan oleh manusia dalam kehidupan perseorangan., tetapi juga dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakata, bahkan juga dirasakan berbangsa dan bernegara.akhlak adalah mustika hidup dari makhluk manusia ndan makhluk hewani. Manusia tanpa akhlak adalah manusia tanpa membinatang, dan sangat berbahaya. Manusia akan lebih jahat dan akan lebih buas daripada binatang buas sendiri.

PEMBAHASAN

A. Moral

Moral adalah suatu istilah yang digunakan manusia untuk menyebut ke manusia/orang lainnya dalam bentuk tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut ameral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki  nilai positif dimata manusia. 

Meral secara ekflistik adalah hal hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu, tanpa meral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi. Moral adalah nilai ke absolution dalam kehidupan bermasyarakatan secara utuh, moral adalah perbuatan/tingkah laku/ucapan seseorang dalam berintegrasi dengan manusia. Moral adalah produk dari budaya dan agama. Setiap budaya memiliki sentral moral yang sesuai dengan sistem moral pada awalnya.

Kesadaran moral erat pula hubungannya dengan hati nurani yang dalam bahasa asing disebut conciesense, consientia,gewissen,geweten dan dalam bahasa arab disebut dengan qalbifuad.

Perasaan wajib/keharusan untuk melakukan tindakan yang bermoral.

Kesadaran moral berwujud rasional dan objektif yaitu suatu perbuatan yang secara umum dapat diterima masyarakat.

Kesadaran moral dalam bentuk kebebasan atas kesadaran moralnya seseorang kebas untuk mentalnya.

Berdasarkan urutan tersebut moral lebih mengacu kepada suatu nilai/sistem hidup yang dilaksanakan

B. Susila

Susila/kesusilaan berasal dari kata susila yang mendapat awalan berakhirnya, kata tersebut berasal dari bahasa sensekerta, yaitu su dan sila. Su berarti baik/bagus dan sila berarti dasar,prinsip teraturnya hidup/normal.

Kata sila artinya sebagai aturan hidup yang lebih baik sedangkan orang yang asusila adalah orang yang berkelakuan buruk. Kata susila berarti juga sopan,beradap,baik budi bahasannya. Kesusilaan sama dengan kesopanan dengan demikian kesusilaan lebih mengacu kepada upaya pembimbing, pemandu, mengarahkan dan membiasakan masyarakat hidup sesuai dengan norma/nilai nilai yang berlaku dalam masyarakat.

Kesusilaan menggambarkan keadaan dimana seseorang menerapkan nilai nilai yang dipandang baik. Sama halnya dengan moral yaitu sebagai pedoman untuk membimbing orang agar berjalan dengan baik juga berdasarkan pada nilai nilai yang berkembang dalam masyarakat dan mengacu kepada sesuatu yang dipandang baik oleh masyarakat.

Persamaan dan perbedaan etika moral dan susilo dan akhlah

Fungsi dan perannya dapat dikatakan bahwa akhlak,etika,moral,kesusilaan yaitu menentukan hukum atau nilai dari suatu perbuatan yang dilakukan manusia untuk ditentukan baik buruknya.perbedaan antara etika,moral,susila dan akhlak terletak pada sumber yang dijadikan pijakan atau mwnilai baik  buruk, perbedaan antara etrika, moral,susila,dengan akhlak terletak dengan sumber yang dijadikan pijakan atau bahasa untuk penilai baik buruk. Perbedaan lain antara etika, moral,susila terlihat pula pada saat sifat dan sifat dan kawasan pembahasannya.

C. Akhlak

Akhlak adalah bentuk jamak dari khuluq yang berarti budi pekerti,perangai,tingkah laku,atau tabiat. Berakar dari kata akhlak ( menciptakan ), khaliq ( pencipta ), makhluk ( yang diciptakan ), dan khalaq ( penciptaan ).

Akhlak adalah sikap yang melekat pada diri seseorang secara spontan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatan. Apabila perbuatan spontan itu baik menurut akal dan agama, maka tindakan itu disebut akhlakul karimah ( akhlak mahmuda ). Sebaliknya apabila buruk disebut akhlakul mazmumah. Baik burunya akhlak didasarkan kepada sumber nilai al-quraan akhlak terdiri dari berbagai macam yaitu;

Akhlak kepada allah

1. Mentauhidkan allah ( QS. AL-ihlas: 1-4 )
2. Tidak berbuat musyrik pada allah ( QS. Luqman :13 )
3. Bertakwa kepada allah ( QS. An-nisa;1)

Akhlah kepada diri sendiri
1. sikap sabar ( QS.AL-Baqarah:153)
2. Sikap syukur ( QS.ibrahim:7)

Akhlak kepada keluarga

Akhlak kepada sesama manusia

D. Etika

Etika adalah suatu ajaran tentang kebaikan dan keburukan yang menyangkut kehidupan manusia dalam hubungan dengan tuhan. Sesama manusia dan alam. Etika dibagi menjadi tiga macam yaitu:

Etika deskriptif

Etika yang mengenai suatu fakta yang apa adanya. Indikator-indikator fakta aktual yang terjadi secara apa adanya terhadap nilai dan perilaku manusia dan merupakan suatu keadan dan realita budaya yang berkembang dimasyarakat.

Etika normatika

Norma-norma yang dapat menentu agar manusia bertinbdak baik dan menghindarkan hal-hal yang buruk dengan kaidah atau normal yang disepakati dan berlaku dimasyarakat.

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Etika adalah suatu ajaran tentang kebaikan dan keburukan yang menyangkut kehidupan manusia dalam hubungannya dengan tuhan, sesama manusia dan moral. Moral adalah sebuat adat istiadat penentu baik buruknya perbuatan dan kelakuan manusia. Dan akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan dengan gampang dan mudah tanpa memerkukan pertimbangan dan pemikiran. 

AKHLAK,ETIKA,MORAL,DAN SUSILA AKHLAK,ETIKA,MORAL,DAN SUSILA Reviewed by As'ad on October 20, 2020 Rating: 5

76 comments:

  1. Saya Handika Wardhana dari kel. 7 ingin bertanya : Bagaimana langkah langkah kita ketika hendak menasehati teman/seseorang yang pintar tapi dalam berperilaku dia buruk ?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti teman yang kamu maksud ,berilmu tapi tak beradab, makanya kita di anjurkan untuk belajar adab baru berilmu

      Caranya kita nas nasehat kan aja pelan2
      Biasa nya kalau dia orng pintar ,mudah untk d nasehati

      Delete
    2. Tman anda blum bisa mmgendalikan ahklak NY krna iyaaa bngga thdap ilmunya ktahuilah bahwasnya ahklak /adab itu lbih tiggi dari ilmu.. Caranya anda hrus mmberikan suatu cntoh kpanday yg membuat ia sdar Akan hal itu.. Trima kasih

      Delete
  2. Assalamualaikum saya dari kelompok 11 ingin bertanya apa saja pengaruh yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi terhadap etika, moral dan akhlak para remaja di era modern ini dan bagaimana cara penanggulanganannya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat banyak pengaruhnya jika kita tidak memanfaatkan kemajuan teknologi dgn baik, contohnya, mengurangi sifat sosial manusia karna cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung, dari sifat sosial yg berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi, dan untuk penanggulangan nya, ada baiknya perlu dilakukan pengontrolan dari org tua, dan masyarakat sekitar serta pengawasan dari org tua terhadap pelajar harus lebih besar dan lebih dekat terhadap mereka, agar mereka lebih terbuka dan mudah diarahkan.

      Delete
    2. Cara NY d kuraangi main HP klau ngak prlu ..okay

      Delete
    3. Banyak sekali mulai dari aplikasi tik tok yang di haramkan untuk para wanita bahkan pria untu mengumbarkan aurat mereka
      Dan kiriman2 asusila yang dapat merusak pikiran mereka

      Delete
  3. Assalamualaikum saya gadis asma ramadan dari kelompok 6 saya ingin bertanya apakah jika seseorang berperilaku buruk dan sulit untuk dinasehati apakah berarti orang tersebut tidak memiliki etika,akhlak,moral dan susila???? Bagaimana mengatasinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya yaitu dengan:
      1.memberi ia nasehat yang baik bahwa tindakan dan perilaku yang ia buat bukan lah hal yang benar
      2. Mengajak ia lebih mengenal apa itu etika ,akhlak dan moral
      3. Ajak ia bicara dari hati ke hati bahwa tindakan yang buruk bukanlah hal yang baik.

      Delete
    2. bukan karena tdk memiliki etika moral akhlak tetapi sumberny itu dari dirinya sendiri. Beribu kali dinasehati ttp ttp buruk prilakunya,kesadaran kita yg kurang dan dominan memikirkan dunia ketimbang akhirat.terbentuknya moral akhlak etika mulainya diri sendiri.

      Delete
    3. Saya akan menjawab pertanyaan dari gadis
      Yaitu :
      Belum tentu, karena dia belum berilmu makanya dia seperti itu ..
      Disinilah pentingnya ilmu itu sebelum perkataan & perbuatan ( العلم قبل الفول و العمل )

      Delete
  4. Bagaimana perkembangan ke depan etika, moral dan akhlak anak zaman sekarang! Apa yang menyebabkan perubahan etika, moral dan akhlak?

    Mohan di jawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab menurut saya di zaman sekarang etika, akhlak, dan moral anak sekarang sangat jauh menurut. Itu diakibatkan Penyalahgunaan kemajuan teknologi dan kurangnya pengawasan dari orang tua . Menurut saya seharusnya orang tua harus lebih jeli dan teliti dalam memantau anak²nya.Semoga jawaban ini membantu. Terimakasih

      Delete
    2. Menurut sy tetjadinya perubahan etika,moral,akhlak salah satunya adalah kemajuan teknologi. berpesatny teknologi memberikan kita dampak negatif slh satunya pengaruh internet. gimana cra etika dan akhlak terhadap ortu,guru mulai luntur ,moral berkurang kerena terikuti budaya asing dan sekitarnya juga perubahan zaman

      Delete
  5. Saya suha Rahmadani ingin bertanya, saya pernah dengar kata orang "belum tentu orang yg mulutnya jahat, jahat pula hatinya" Sedangkan lisan yg terucap itu adalah penggambaran hati seseorang,dan juga,lisan itu termasuk dalam etika bagaimana pendapat dari sudut pandang kalian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya setiap orang mempunyai karakter yg berbeda, jadi tidak bisa kita membuat keputusan pada cara berbicara seseorang

      Delete
    2. Kalau aku berpegangan pada hadits nabi yang " فلقول خيرا أو ليصموت"
      Katakan yang baik atau diam, disini kita garis bawahi jahat konteks diatas berarti kan maksudnya baik gtu kan...
      Nah.. baik menurut siapa dlu ?
      Baik itu ketika Allah & rasulnya ridho
      Tpi klw pendapat manusia itu baik belum tentu pada dasarnya baik menurut Allah ..

      Sedangkan kalau org yg mulutnya jahat, kira² Allah & rasulnya suka gak ?
      Tentu tidak itu sama saja menyakiti hati orang lain apalagi tetangga ...

      Sedangkan Rasulullah aja sama org kafir aja lemah lembut dalam adab keras dalam keimanan

      Terimakasih 😁

      Delete
  6. assalamualaikum,saya hanik dari klp 7 ingin bertanya.bagaimna keadaa seseorang yg menerapkam nilai2 yg di anggap baik yg digambarkan oleh kesusilaan...trimakasih

    ReplyDelete
  7. Disana di bilang etika ada 3 macam tapi yg tertera hanya 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haraf dimaklumi yah , kita manusiawi pasti juga begitu suka khilaf

      Delete
  8. Assalamualaikum, Saya Bayu Arga Dahana dari kelompok 3 ingin bertanya,Jelaskan maksud dari kata Manusia yang tidak punya akhlak membinatang dan sangat berbahaya, tolong dijelaskan🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rahmad ak bntu Japan
      dari Bayu Mksud NY manusia tdak Akan brbuat ssuatu yg sma Dngaan prilaku binantang Krna manusia mmpunyai akal sdangkan binatang tdak punya.. Trima kasih

      Delete
    2. Karena akhlak itu adalah hal yang sangat penting, banyak org pintar tpi kadang tidak berakhlak.. karena akhlaq itu hal yg sngat utama

      Delete
  9. Saya siti aisyah ingin bertanya. Apakah zaman dapat mempengaruhi etika seseorang?

    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu dapat ..
      Apalagi kita sekrang berada dizaman modern , dimana kita banyak mencontoh budaya lain dalam berpakaian dan bahasa yang digunakan.

      Delete
    2. Itu saat ini,kembli ke orang nya masing masing yaaa
      Sebab tidak semua orng yang tidak memiliki etika

      Maksudnya mau gimana pun zaman,kalau emang dia baik.,,maka tetap baik ...
      Jadi tidak ada yang mempengaruhi nya .

      Delete
  10. Assalamualaikum saya Rinda Nurpitri dari kelompok 11 ingin bertanya seperti apa moral positif itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moral positif itu adalah suatu prilaku, akhlak, adab seseorang yang baik. Contohny sperti patuh kpada orang tua

      Delete
  11. Assalamu'alaikum saya Laili Khairunnisa dari kelompok 8 ingin bertanya.
    Bagaimana menyikapi anak anak zaman sekarang yang sangat kurang akhlak nya serta moral nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hendakny kita yang lebih tua dari mereka memberi pengertian dan arahan yang baik agar mereka bisa merubah sikap ny menjadi lebih baik lagi

      Delete
    2. Mau jawab pertanyaan dari Laili,cara menyikapi anak zaman sekarang yang kurang akhlak nya :
      Dengan cara hindari berkata kasar,selalu memberikan masukan nasehat , motivasi
      Dengan cara yang lembut
      Maksudnya tidak dengan marah2 atau paksaan
      Setelah kita iktiar
      Maka berdoa la pada Allah agar hati nya di lunakkan
      Agar menjadi anak yang bisa di bangga kan..

      Maka,lama kelamaan dia akan bisa berubah

      Delete
  12. Assalamualaikum . Malam. Saya Fitra Darmandika dari kelompok 1. Ingin bertanya. Ketika seseorang tidak sopan dalam berkelakuan dikeluarga maupun di muka umum. Maka org ini ni kekurangan, moral, asusila, atau etika ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam menurut saya kurangnya pengetahuan etika yg menyebabkan rusaknya moral dan susila.

      Delete
  13. assalamualaikum.. saya ingin bertanya bagaimana jika seorang non muslim pindah agama ke islam, apakah itu termasuk menyalahi akhlak dan etika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang yang pindah agama dari islam ke non itu sudah berdosa karena sudah menyalahi akhlak dan perintah Allah Subhanallah Ta'ala.

      Delete
  14. Saya dari kelompok 10 ingin bertanya
    Bagaimana cara kita menghadapi manusia yang tidak ameral atau tidak bermoral?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau jawab, pentanyaan dari Revi
      Cara menghadapi manusia yang tidak ameral
      Dengan cara menjadikan contoh diri kita yang bermoral ,hingga suatu saat ,ia dapat mencontoh
      Apa yang sudah kita lakukan

      Delete
  15. Saya akan menjawab pertanyaan dari kak rini
    Menurut saya dampak dari teknologi sekarang ini sangat berpengaruh terhadap semua kalangan dewasa,anak², remaja,dampak nya tentu positif dan negatif,contoh negatif->seperti sekarang teknologi di salah gunakan dalam pemakaian nya,dampak positif kita semua dapat mengakses dengan muda dalam semua hal untuk menambah pengetahuan pendidikan kita semua,karna itu kita semua harus menjaga,merawat memberdayakan saran teknologi informasi berbasis etika pancasila kemungkinan

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum ����, saya hawa reskia dari kelp 7. Ingin mengetahui banyak pendapat kalian tentang kurangnya etika dan moral remaja di zaman sekarang terhadap kedua orangtuanya.

    Bagaimana menurut kalian tentang hal yangk kasusnya seperti ini?

    FAktor apa yang paling mendukung para remaja untuk bersikap tidak ber-etika dan tidak bermoral kepada kedua orangtuanya?

    Dan yang paling ingin saya ketahui!
    Bagaimana cara atau solusi kita sebagai mahasiswa/i milenial di zaman sekarang untuk membangun akhlak, etika serta moral kepada Generasi Muda agar lebih mempunyai etika dan moral untuk kedua orangtuanya dan lingkungannya!!.



    ReplyDelete
  17. Saya akan menjawab pertanyaan dari handika wardana
    Menurut saya nasehati dgn cara sopan,ramah,dan tidak mempermalukan org trsebut,menasehati tidak di tmpat umum agar orang lain tidak mengetahuinya,tidak memaksa kehendaknya,mengatakannya dalam waktu yang tepat

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum saya fajar gemilang dari kle 5
    Mohon jelaskan dari materi ini=Kesadaran moral dalam bentuk kebebasan atas kesadaran moralnya seseorang kebas untuk mentalnya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum saya Anggia Oktaviani dari kel 2 bertanya: Apakah media informasi yang banyak masuk ke indonesia mempengaruhi etika, moral dan akhlak dan bagaimana menyikapi permasalahan tersebut!

    ReplyDelete
  20. Saya menjawab pertanyaan dari gadis
    Semua memiliki etika,moral dan akhlak tetapi ada nya semua itu atas semua kemauan dan pengertian nya dari cara orang memberi nasehat kepadanya
    Caranya nasehati secara ramah,lemah lembut dan sopan,agar mereka tidak mempermalukannya ketika di muka umum

    ReplyDelete
  21. Saya akan menjawab pertanyaan dari kak nurikhwani
    Yang menyebabkan perubahan etika,moral dan akhlak adalah cara pergaulan yang kurang baik

    ReplyDelete
  22. Saya menjawab prtanyaan dari laili khairunnisa
    permasalahan generasi bangsa saat ini adalah sulitnya memahami arti dari pendidikan moral itu sendiri serta adanya faktor-faktor pemicu buruknya moral generasi bangsa tersebut.
    Kemajuan teknologi,
    Memudarnya kualitas keimanan.
    Pengaruh lingkungan.
    Hilangnya kejujuran.
    Hilangnya Rasa Tanggung Jawab.
    Tidak Berpikir Jauh ke Depan
    Rendahnya Disiplin.

    ReplyDelete
  23. Saya akan menjawab pertanyaan dari kak suha
    Kemungkinan dari cara orang lain akan berbeda pendapat dikarnakan seseorang memang suda terbiasa seperti itu cara bicaranya dan bisa saja orang lain salah tanggapan mungkin

    ReplyDelete
  24. Kami pemakalah akan menjawab prtanyaan dsri anggia
    Menurut kami bertiga
    iyaa, hal ini menunjukkan bahwa semakin berkembangnya pemikiran manusia sehingga mampu menciptakan alat yg canggih dan modern.kecanggihan teknologi secara langsung maupun tdk langsung dapat mempengaruhi perkembangan moral, etika dan akhlak. cara maka dari itu perlu dilakukan pengontrolan dari org tua dan org sekitar, serta perhatian dan pengawasa dari org tua terhadap pelajar harus lebih besar dan lebih dekat terhadap mereka, agar mereka lebih terbuka dan mudah diarahkan.

    ReplyDelete
  25. Kami pemakalah akan menjawab pertanyaan dari bayu
    Menurut dari kami bertiga
    Manusia tanpa akhlaq adalah manusia yang telah “membinatang” dan sangat berbahaya. ... terasa sangat berat, akan tetapi jika perbuatan memberi itu diulang-ulang maka ... Dengan mempelajari ilmu akhlak mempunyai tujuan dan manfaat ...

    ReplyDelete
  26. Kami dari pemakalah akan menjawab pertanyaan dari rinda nurfitri
    Menurut kami bertiga nilai moral positif adalah nilai nilai yang berasal dari hal hal yang baik nilai yg patut dicontoh seperti ,akhlak kita kepada orang tua santun

    ReplyDelete
  27. Kami pemakalah akan menjawab pertanyaan dari laili khairunnisa
    Menurut kami bertiga Faktor yang paling dominan adalah pengawasan dari para orang tua, anak anak harus mendapatkan perhatian dan pengawasan super ketat dan memberikan pemahaman pentingnya memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk , sehingga para anak anak tidak mencari kebahagian dan menghilangkan stress dengan kegiatan yang bertentangan dengan ajaran agama.

    ReplyDelete
  28. Kami pemakalah akan menjawab pertanyaan dari fitra darmandika
    Menurut kami bertiga seseorang yang selalu bersikap sopan santun akan selalu berusaha ... Maksud moral adalah sesuai dengan ide-ide yang umum diterima tentang tindakan ... Moralitas merupakan aspek kepribadian yang diperlukan seseorang dalam ... Sikap setiap orang berbeda atau bervariasi, baik kualitas maupun jenisnya

    ReplyDelete

Komentar