Uang sodaqoh yang disalah gunakan

Hadits No.5 Kitab Riyadus Shalihin

وعن أبي يزيد معن بن يزيد بن الأخنس رضي الله عنهم، وهو وأبوه وجده صحابيون، قال‏:‏ كان أبي يزيد أخرج دنانير يتصدق بها فوضعها عند رجل في المسجد فجئت فأخذتها فأتيته بها، فقال‏:‏ والله ما إياك أردت، فخاصمته إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال‏:‏ ‏ ‏"لك ما نويت يا يزيد، ولك ما أخذت يامعن‏"
‏ ‏(‏‏(‏رواه البخاري‏)‏‏)‏‏.‏

Artinya : Dari Abi Yazid, Ma’ni bin Yazid bin Ukhnus rodhiya Allahu anhum. Dia, ayahnya dan kakeknya adalah termasuk sahabat nabi. Ma’ni berkata : “Abu Yazid mengeluarkan beberapa dinar untuk disodaqohkan seraya diletakan dihadapan seseorang yang sedang berada di masjid dan diberi izin untuk disodaqohkan kepada siapa saja yang membutuhkannya. Kemudian atas izin laki-laki tersebut aku mengambil dinar yang telah disediakan oleh ayah saya dan selanjutnya aku perlihatkan kepada ayahku. Ayahku berkata :“Demi Allah, aku memberi dinar kepada orang tersebut untuk disodaqohkan, bukan untuk kamu. Selanjutnya ayahku mengadu kepada Rasulullah saw dan Rasulullah saw memberikan keputusan, bahwa wahai Yazid kamu telah berhak atas pahala yang telah kamu niatkan. Sebab pada dasarnya kamu telah berniat sodaqoh atas dinar itu melalui laki-laki yang berada di masjid sedangkan anakmu membutuhkan. Dinar itu adalah milikmu wahai Ma’ni, karena engkau mengambilnya secara sah (atas izin laki-laki di masjid)”.Hadits riwayat Imam Bukhari. 

Sahabat nabi adalah orang mukmin yang ketika hidupnya pernah bertemu dengan Nabi Muhammad saw dan ketika mati dalam kondisi beriman kepada Allah swt. Ketiga sahabat nabi tersebut mengalami mati syahid ketika perang Badar.

Dari uraian diatas dapat ditarik pelajaran sebagai berikut :
1. Shodaqoh kepada siapapun harus didasari niat yang ikhlas.
2. Yang bershodaqoh tidak perlu memikirkan untuk apa shodaqoh tersebut dipergunakan oleh si penerima.
3. Pemberi shodaqoh mendapat pahala atas dasar niat yang ikhlas.
4. Penerima shodaqoh berhak penuh untuk mentasarufkan barang yang telah diterimanya.
5. Mengambil barang orang lain diperbolehkan sepanjang mendapat izin dari pemiliknya.
Uang sodaqoh yang disalah gunakan Uang sodaqoh yang disalah gunakan Reviewed by As'ad on February 03, 2018 Rating: 5

No comments:

Komentar