Home » » Pembekalan KKN ke-XV STAI Madinatun Najah Rengat

Pembekalan KKN ke-XV STAI Madinatun Najah Rengat

Posted by As'ad Collection on 11 May 2017

KKN XV STAI Madinatun Najah Rengat tahun 2017 kali ini direncanakan ditempatkan di Kecamatan Rengat. Ada sekitar 7 Desa yang salah satunya berada di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Pertimbangan Pertama, untuk mahasiswa KKN yang ditempatkan di Kecamatan Batang Cenaku adalah karena Desa Batu Papan yang terletak di Kecamatanm Batang Cenaku jarang sekali tersentuh program-program KKN yang bernafaskan Pendidikan Islam.
Sedangkan Kecamatan Rengat sendiri menjadi pusat Kegiatan KKN ke-XV STAI Madinatun Najah rengat bertujuan untuk kembali mengenalkan pada masyarakat Rengat tentang STAI Madinatun Najah rengat. 
Desa-Desa yang bersedia menandatangani kerjasama dibidang Pengabdian Masyarakat Melalui Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat STAI-MN adalah; Desa Sei.Beringin, Desa Rantau Mampesai, Desa Kampung Pulau, Desa Pasir Kemilu, Desa Kuantan Babu dan Desa Sei. Guntung Tengah.
Sebagai bahan kajian dan persiapan untuk para peserta KKN sebelum benar-benar turun di masyarakat, Dewan Pembina KKN XV STAI MN mengadakan pembekalan yang berisi berbagai tema yang berkenaan dengan berbagai macam problema di masyarakat, yang mana Mahasiswa harus siap dengan segala macam kemungkinan yang akan terjadi dimasyarakat.
Paradigma masyarakat yang menilai mahasiswa STAI Madinatun Najah adalah mahasiswa yang piawai di bidang agama seharusnya perlu untuk dicerahkan. Karena faktanya STAI Madinatun najah mencetak Guru Pendidikan Agama Islam bukan sebagai Mubaligh, hanya saja ada beberapa mahasiswa yang memang memiliki kemampuan dibidang tersebut. Sehingga, pada pembekalan KKN ini mahasiswa perlu mendapatkan Bimbingan dan pencerahan seputar paradigma masyarakat tersebut.
Setidaknya mahasiswa mampu menempatkan diri sesuai dengan bidang keahliannya. Walaupun tidak menutup kemungkinan mereka mampu menyalurkan bakat baik soft skill maupun hard skill mereka.
Adapun beberapa materi terkait dengan pembekalan KKN XV kali ini adalah sebagai berikut.


  1. Materi KKN seputar kegiatan, perencanaan, program, pelaksanaanya hingga pelaporan yang disampaikan oleh ketua LPPM sekaligus sebagai penyelenggara KKN XV bapak Zulqarnain, M.Pd.I.
  2. Metode penyuluhan dan bimbingan keagamaan dalam masyarakat yang disampaikan oleh As'adut tabi'in, M.Pd.I.
  3. Metode Mengajar di Sekolah formal dan non formal yang disampaikan oleh Ari Susanto, M.Pd.I.
  4. Metode pendekatan sosial kemasyarakatan yang disampaikan oleh Dessy Syofianti, M.Pd.
Dengan demikian diharapkan mahasiswa peserta KKN XV mampu menerapkan segala macam teori yang telah mereka dapat, dengan  tetap menjaga etika sebagai seorang akademisi.

Dalam kegiatan pembekalan tersebut, seluruh anggota KKN XV juga melaksanakan pemilihan Koordinator Kecamatan (KORCAM), dengan syarat-syarat yang telah ditentukan seblumnya.
Dalam pemilihan tersebut, terpilih lah Saudari Nazariah sebagai KORCAM KKN XV STAI Madinatun Najah Rengat tahun 2017 kali ini.


Thanks for reading & sharing As'ad Collection

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Sample Text

Sebuah catatan kecil perjalanan dokumen dan artikel tentang pendidikan, agama sosial, agama, budaya, Kesehatan serta beberapa biografi tokoh-tokoh dunia. Kami juga menyediakan beberapa tulisan tentang trik-trik membuat blog yang baik serta peluang-peluangnya.

Cari Di Blog Ini

Translate


Follow by Email

Blog Archive

Followers Google+