Deskripsi Matakuliah
Mata
Kuliah : Hadis Tarbawi
Kode
MK : INS-3210
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Semester : III
Beban
Kredit : 3 (tiga) SKS
Dosen : As’aduttabi’in, M.PdI
Dosen : As’aduttabi’in, M.PdI
E-mail/telp
: aad.al.andalasi@gmail.com/
081252806937
Web : http://a2dcollection.blogspot.com
Kompetensi dasar :
Memahami
hadits – hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pendidikan diri,
pendidikan anak, pendidikan keluarga, pendidikan masyarakat, metode pendidikan
dan hubungan guru dan siswa.
Indikator Kompetensi :
- Menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
- Menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan dengan materi dan metode pendidikan
- Menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan dengan etika guru dan siswa
- Menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan dengan pendidikan diri, keluarga, dan masyarakat
Topik Inti :
- Hadits tentang ilmu pengetahuan dan keutamaan orang yang berilmu
- Hadits tentang kewajiban menuntut ilmu pengetahuan
- Hadits tentang lingkup pendidikan Islam
- Hadits tentang metode pendidikan Islam,
- Hadits tentang kewajiban orang tua terhadap anak
- Hadits tentang kewajiban anak terhadap orang tua
- UTS
- Hadits tentang materi pendidikan
- Hadits tentang etika guru terhadap siswa
- Hadits tentang etika siswa terhadap guru
- Hadits tentang pendidikan diri, pendidikan anak
- Hadits tentang pendidikan keluarga
- Hadits tentang pendidikan masyarakat.
- UAS
Referensi :
- A. Mudjab Mahali. 1979. Mutiara Hadits Qudsi. Bandung : Ma’arif
- Abul a’la al Maududi. 1982. Petunjuk untuk juru dakwah. Bandung : Al Ma’arif
- Al Alawi Al Maliki. 2002. Prinsip – prinsip pendidikan rasulullah. Jakarta : Gema Insani Press
- Aminah Abd. Dahlan. 1981. Hadits Arba’in An Nawawiyah. Bandung : Al Ma’arif
- Imam Nawawi. 1999. Riyadhus Sholihin. Jakarta : Pustaka Amin
- Moh. Abadi Rathomy. 1969. Hadits Khomsin. Bandung : Al Ma’arif
- M. Thalib. 1995. 40 tanggung jawab orang tua terhadap anak. Bandung : Irsyad Baitussalam
- M. Thalib. 1995. 40 tanggung jawab anak terhadap orang tua. Bandung : Irsyad Baitussalam
- M. Thalib. 1995. 25 asas Islami mendidik anak. Bandung : Irsyad Baitussalam
- M. Thalib. 1995. Praktek Rasulullah mendidik anak. Bandung : Irsyad Baitussalam
Kitab-kitab Hadis Induk dan Nukilan:
- Abu Daud Sulaiman ibn al‑Asy’as al‑Sjastani al‑azdi, Sunan Abu Daud.
- Abu Abd al-Rahman Ahmad bin Syu’aib al‑Nasa’i, Sunan al‑Nasa’i (al-Mujtaba)
- Abu Isa Muhammad bin Isa al-Turmudzi al-Silmi, Sunan al‑Turmudzi.
- Ibn Majah, Sunan Ibn Majah
- Abu Daud Sulaiman bin al-Asy’ats al-Sijistani al-Azdi, Sunan Abi Daud
- Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari al-Ju’fi, Shahih al-Bukhari
- Muslim bin al-Hijaj Abu al-Husain al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim
- Imam Nawawi, Riyadlus Shalihin
- Ibn Hajar al‑Asqalani, Bulugh al-Maram.
- Jalaluddin Al‑Suyuthi, al‑Jami’ al‑Shaghir.
Kitab-kitab Syarah dan Penunjang:
- Kitab-kitab syarah hadis berkaitan dengan judul kitab no. 1-10, antara lain:
- -Syarh al-Bukhari: Fathul Bari oleh Abi al-Fadl al-Asqalani, Irsyadus Sari oleh al-Qasthalani;
- -Syarh Muslim: Al-Minhaj oleh Imam Nawawi, Ikmal al-Ikmal oleh al-Zawawi;
- -Syarh Sunan Abu Daud: Aunul Ma’bud oleh al-Abadi, Syarah Zawaid Abi Daud oleh Ibn al-Mulaqqin;
- -Syarh Riyadl al-Shalihin: Dalil al-Falihin oleh Muhammad bin ‘Alan al-Shadiqi
- –Syarh Bulugh al-Maram: Subulus Salam oleh Muhammad bin Isma’il al-Sha’ani, dll.
Buku‑buku lain: yang relevan dengan topik-topik yang dibahas, seperti:
buku-buku berkenaan dengan pendidikan, ilmu jiwa, sejarah, dan tentang
pendekatan-pendekatan keilmuan, dapat dijadikan pelengkap dari buku-buku di
atas.
EVALUASI
1.
Tugas
: 33,3 % (penguasaan makalah)
2. Kehadiran Kuliah : 33,3 %
2. Kehadiran Kuliah : 33,3 %
3.
UTS &
UAS : 33,3 %
Nilai akhir semester mahasiswa bergantung pada hasil total evaluasi sebagaimana rincian tersebut di atas.
Nilai akhir semester mahasiswa bergantung pada hasil total evaluasi sebagaimana rincian tersebut di atas.
PERATURAN KELAS
- Peraturan mengenai aktivitas perkuliahan, penugasan, dan pelaksanaan ujian mengikuti aturan yang ditetapkan oleh STAI Madinatun Najah
- Aturan yang lain, ditentukan kemudian.
- Cari data atau informasi hadis (pada kitab hadis induk yang enam/ tujuh /sembilan) dan syarahnya sampai ditemukan lengkap: nama pengarang, nama kitab, alamat penerbit, nama penerbit, tahun terbit, dan halaman yang dicari, atau gunakan program Maktabah Syamilah;
- Cari data atau informasi yang relevan dengan pembahasan Anda (di kitab/ buku lain) yang relevan, mendukung dengan hadis yang Anda bahas;
- Kemudian, buatlah makalah sesuai standar penulisan karya ilmiah.
PENUGASAN:
1).
Hadis yang ditugaskan;
2).
Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan bahasa yang menunjukkan pengertian
yang jelas, baik dan benar;
3).
Pembahasan atau analisisnya, meliputi:
-
Bagian demi bagian, secara sistematis, dengan memperhatikan
kata-kata kunci dari hadis tersebut; beri komentar dan penjelasan
ringkas;
-
Pembahasan ini harus sambung dengan konteks dunia pendidikan
(kenyataan), terutama (tarbiyah/paedagogik) yang kita geluti;
-
Manfaatkan juga teori-teori yang berkembang, untuk menunjang apa
yang menjadi obyek/subyek pembahasan anda.
4).Penutup/Simpulan
Anda.
Rengat, 2 September, 2015
Dosen,
As’aduttabi’in, M.PdI
SILABUS dan SAP MATA KULIAH HADIST TARBAWI
Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi
on
September 03, 2015
Rating:
punten numpang copas ya...buat acuan. syukran
ReplyDeleteMangga..:-)
Delete