SILABUS dan SAP MATA KULIAH HADIST TARBAWI


Deskripsi Matakuliah
Mata Kuliah    : Hadis Tarbawi
Kode MK        : INS-3210
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Semester          : III
Beban Kredit  : 3 (tiga) SKS
Dosen              As’aduttabi’in, M.PdI
E-mail/telp       : aad.al.andalasi@gmail.com/ 081252806937
Web                 : http://a2dcollection.blogspot.com

Kompetensi dasar :
Memahami hadits – hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, pendidikan diri, pendidikan anak, pendidikan keluarga, pendidikan masyarakat, metode pendidikan dan hubungan guru dan siswa.

Indikator Kompetensi :
  1. Menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
  2. Menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan dengan materi dan metode pendidikan
  3. Menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan dengan etika guru dan siswa
  4. Menjelaskan isi kandungan hadits yang berkaitan dengan pendidikan diri, keluarga, dan masyarakat

Topik Inti :
  1. Hadits tentang ilmu pengetahuan dan keutamaan orang yang berilmu
  2. Hadits tentang  kewajiban menuntut ilmu pengetahuan
  3. Hadits tentang  lingkup pendidikan Islam
  4. Hadits tentang  metode pendidikan Islam,
  5. Hadits tentang  kewajiban orang tua terhadap anak
  6. Hadits tentang  kewajiban anak terhadap orang tua
  7. UTS
  8. Hadits tentang  materi pendidikan
  9. Hadits tentang  etika guru terhadap siswa
  10. Hadits tentang  etika siswa terhadap guru
  11. Hadits tentang  pendidikan diri, pendidikan anak
  12. Hadits tentang  pendidikan keluarga
  13. Hadits tentang  pendidikan masyarakat.
  14. UAS

Referensi :
  1. A. Mudjab Mahali. 1979. Mutiara Hadits Qudsi. Bandung : Ma’arif
  2. Abul a’la al Maududi. 1982. Petunjuk untuk juru dakwah. Bandung : Al Ma’arif
  3. Al Alawi Al Maliki. 2002. Prinsip – prinsip pendidikan rasulullah. Jakarta : Gema Insani Press
  4. Aminah Abd. Dahlan. 1981. Hadits Arba’in An Nawawiyah. Bandung : Al Ma’arif
  5. Imam Nawawi. 1999. Riyadhus Sholihin. Jakarta : Pustaka Amin
  6. Moh. Abadi Rathomy. 1969. Hadits Khomsin. Bandung : Al Ma’arif
  7. M. Thalib. 1995. 40 tanggung jawab orang tua terhadap anak. Bandung : Irsyad Baitussalam
  8. M. Thalib. 1995. 40 tanggung jawab anak terhadap orang tua. Bandung : Irsyad Baitussalam
  9. M. Thalib. 1995. 25 asas Islami mendidik anak. Bandung : Irsyad Baitussalam
  10. M. Thalib. 1995. Praktek Rasulullah mendidik anak. Bandung : Irsyad Baitussalam

Kitab-kitab Hadis Induk dan Nukilan:
  1. Abu Daud Sulaiman ibn al‑Asy’as al‑Sjastani al‑azdi, Sunan Abu Daud.
  2. Abu Abd al-Rahman Ahmad bin Syu’aib al‑Nasa’i, Sunan al‑Nasa’i (al-Mujtaba)
  3. Abu Isa Muhammad bin Isa al-Turmudzi al-Silmi, Sunan al‑Turmudzi.
  4. Ibn Majah, Sunan Ibn Majah
  5. Abu Daud Sulaiman bin al-Asy’ats al-Sijistani al-Azdi, Sunan Abi Daud
  6. Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari al-Ju’fi, Shahih al-Bukhari
  7. Muslim bin al-Hijaj Abu al-Husain al-Qusyairi al-Naisaburi, Shahih Muslim
  8. Imam Nawawi, Riyadlus Shalihin
  9. Ibn Hajar al‑Asqalani, Bulugh al-Maram.
  10. Jalaluddin Al‑Suyuthi, al‑Jami’ al‑Shaghir.

Kitab-kitab Syarah dan Penunjang:
  1. Kitab-kitab syarah hadis berkaitan dengan judul kitab no. 1-10, antara lain:
  2. -Syarh al-Bukhari: Fathul Bari oleh Abi al-Fadl al-Asqalani, Irsyadus Sari oleh al-Qasthalani;
  3. -Syarh Muslim: Al-Minhaj oleh Imam Nawawi, Ikmal al-Ikmal oleh al-Zawawi;
  4. -Syarh Sunan Abu DaudAunul Ma’bud oleh al-Abadi, Syarah Zawaid Abi Daud oleh Ibn al-Mulaqqin;
  5. -Syarh Riyadl al-Shalihin: Dalil al-Falihin oleh Muhammad bin ‘Alan al-Shadiqi
  6. Syarh Bulugh al-MaramSubulus Salam oleh Muhammad bin Isma’il al-Sha’ani, dll.  
Buku‑buku lain: yang relevan dengan topik-topik yang dibahas, seperti: buku-buku berkenaan dengan pendidikan, ilmu jiwa, sejarah, dan tentang pendekatan-pendekatan keilmuan, dapat dijadikan pelengkap dari buku-buku di atas.

EVALUASI
1. Tugas                            : 33,3 % (penguasaan makalah)
2. Kehadiran Kuliah   
      : 33,3 %
3. UTS & UAS                 : 33,3 %
Nilai akhir semester mahasiswa bergantung pada hasil total evaluasi sebagaimana  rincian  tersebut di atas.

PERATURAN KELAS
  1. Peraturan mengenai aktivitas perkuliahan, penugasan, dan pelaksanaan ujian mengikuti aturan yang    ditetapkan oleh STAI Madinatun Najah
  2. Aturan yang lain, ditentukan kemudian.
  3. Cari data atau informasi hadis (pada kitab hadis induk yang enam/ tujuh /sembilan) dan syarahnya sampai ditemukan lengkap: nama  pengarang, nama kitab, alamat penerbit, nama penerbit, tahun terbit, dan halaman yang dicari, atau gunakan program Maktabah Syamilah;
  4. Cari data atau informasi yang relevan dengan pembahasan Anda (di kitab/ buku lain) yang relevan, mendukung dengan hadis yang Anda bahas;
  5. Kemudian, buatlah makalah sesuai standar penulisan karya ilmiah.

PENUGASAN:
1). Hadis yang ditugaskan;
2). Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan bahasa yang menunjukkan pengertian yang jelas, baik dan benar;
3). Pembahasan atau analisisnya, meliputi:
-          Bagian demi bagian, secara sistematis, dengan memperhatikan kata-kata kunci dari hadis   tersebut; beri komentar dan penjelasan ringkas;
-          Pembahasan ini harus sambung dengan konteks dunia pendidikan (kenyataan), terutama    (tarbiyah/paedagogik) yang kita geluti;
-          Manfaatkan juga teori-teori yang berkembang, untuk menunjang apa yang menjadi obyek/subyek pembahasan anda.
4).Penutup/Simpulan Anda.


Rengat, 2 September, 2015

Dosen,




As’aduttabi’in, M.PdI
SILABUS dan SAP MATA KULIAH HADIST TARBAWI SILABUS dan SAP  MATA KULIAH HADIST TARBAWI Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi on September 03, 2015 Rating: 5

2 comments:

Komentar