Home » » Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

Posted by As'ad Collection on 18 September 2015

Tanaman ini termasuk dalam familia Cyperacceae dengan nama latin Cyperus rotundus.Rumput Teki ini merupakan rumput yang paling mudah dijumpai. Rumput ini termasuk tanaman gulma pengganggu tanaman pertanian. rumput teki ini tergolong bandel dan susah diberantas, rumput teki ini mempunya umbi dan akar yang panjang yang membuatnya mampu tumbuh lagi meski pun batangnya sudah kering dibagian atasnya. Banyak orang jengkel dengan rumput teki ini karena mengganggu keindahan tamannya.
Tapi jangan salah ya dibalik bandelnya dan sangat menggangu teta[i rumput teki ini memiliki manfaat nya untuk kesehatan loh.Bagian dari rumput teki yang bisa digunakan sebagai obat adalah umbinya yang mengandung senyawa aktif yaitu Alkaloid,Flavonoid, Sineol, Pinen,Siperon, Rotunal, Siperenon dan dan banyak lagi senyaw-senyawa lain. sebenarnya rumput teki ini telah lama digunakan sebagai obat khususnya gangguan kesehatan penyakit-penyakit kewanitaan.dan jika ingin mendapatkan rumput teki ini . Anda tidak perlu susah-susah mencarinya cukup pergi ke halaman rumah bawa pisau dapat deh umbi rumput tekinya.
 Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan
  • Mengobati Penyakit Kulit
    Tepung yang membuat dari umbi rumput teki digunakan sebagai bedak anti nyamuk yang beraroma menthol. Bisa juga dicairkan dengan sedikit air dan digunakan sebagai obat  penyakit kulit semacam panu, kadas, dan luka yang belum sembuh.
  • Mengatasi Kencing Batu
    Umbi segar yang digeprak kemudian diseduh dengan air panas dapat digunakan sebagai obat busung air dan kencing batu.
  • Memperlancar Buang Air Kecil
    Umbi rumput teki yang diramu dengan daun pegagan dan alang-alang bisa mempelancar buang air kecil
  • Mengurangi Kulit Biru Terbentur.
    Rumput teki segar dicuci bersih kemudian digiling, selanjutnya ditempelkan pada bagian yang sakit.
  • Mengobati Kuku Bengkak.
    Umbi rumput teki dan biji kenari ditumbuk hingga halus, kemudian bungkus dengan daun.
    Panaskan, lalu tempelkan di kuku yang sakit, atau langsung dibalutkan.
Dan rumput teki ini sangat bermanfaat untuk mengatasi ganguan penyakit-penyakit wanita seperti:
  • Memperlancar H4id
    Gunakan 10 gram rumput teki. kemudian rebus bahan dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya kurang lebih 200 cc, saring dan minum airnya.
Keputihan.
  • siapkan 10 gram umbi rumput teki kering, 15 gram kulit delima kering.Semua bahan direbus dengan 500 cc air hingga tersisi 200 cc, lalu saring dan airnya diminum.
Ternyata cukup banyak ya manfaat dari rumput teki ini dan semoga bagi anda yang telah membaca artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda agar lebih memanfaat kan rumput ini untuk diolah menjadi bahan yang bermanfaat.

Thanks for reading & sharing As'ad Collection

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Komentar

Sample Text

Sebuah catatan kecil perjalanan dokumen dan artikel tentang pendidikan, agama sosial, agama, budaya, Kesehatan serta beberapa biografi tokoh-tokoh dunia. Kami juga menyediakan beberapa tulisan tentang trik-trik membuat blog yang baik serta peluang-peluangnya.

Cari Di Blog Ini

Translate


Follow by Email

Blog Archive

Followers Google+