Sebab-sebab Kesombongan

Tanpa sadar segala ujian dan amanat yang dititipkan kepada kita menjadi salah satu penyebab Aling-aling (Hijab) antara kita dan sang pencipta. Kesombongan lah yang menyebabkan kita lupa bahwa apa yang ada pada diri adalah titipan semata. Jangan harap kita aman dari siksa Allah. Terkadang dengan ilmu yang banyak, pengetahuan yang luas, membuat dalih berbagai macam cara untuk membenarkan perilaku dan pendapatnya, sehingga berani untuk meremehkan tugasnya di dunia. Astaghfirullah..! Dan begitu halus kesombongan itu menyelinap pada diri manusia.
Ada beberapa hal yang dapat menjadikan diri dekat terhadap Allah SWT, atau bahkan sebaliknya (Jauh karena sombong). (1) Banyak Ilmu (2) Banyak Amal (3) Banyak Harta (4) Banyak Pendukung (5) Banyak Murid (6) Kecantikan Dan Ketampanan (7) Kekuatan dan Kekuasaan

Mari kita imbangi ilmu yang kita miliki dengan ketundukan yang luar biasa kepada Allah, dan sadarilah bahwa ilmu yang kita miliki adalah ujian. Jangan merasa telah banyak Amal akan Aman dari ujian Allah, karena Amal itu sendiri adalah ujian buat kita. Begitu juga dengan kecantikan, ketampanan, kekuatan dan kekuasaan. Pujian hanya milik Allah semata.
Sebab-sebab Kesombongan Sebab-sebab Kesombongan Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi on December 19, 2011 Rating: 5

No comments:

Komentar