Tips Menulis Konten Blog Berkualitas

-Pilih tema yang sesuai
Tema telah anda kuasai atau setidaknya telah anda pelajari dan bersamaan dengan itu, tema tersebut juga dibutuhkan oleh banyak orang.
-Pecahkan suatu masalah
Orang mencari informasi untuk memecahkan masalah mereka. Mereka mengetikkan sebuah kata di search engine untuk mencari solusi dari masalah mereka.
-Fokus
Sejak menentukan tema apa yang akan anda angkat, usahakan fokus di tema tersebut. Misalkan anda memilih tema "make money from home", usahakan minimal 75% postingan anda tetap berada dalam tema tersebut.
-Menulis sambil belajar
Menulis sambil belajar adalah hal terbaik agar yang dipelajari cepat merasuk di kepala. Alangkah baiknya jika
tulisan itu dibaca oleh orang lain.
-Tentukan Target pembaca blog
Dengan menentukan target pembaca, anda akan lebih mudah untuk menentukan topik-topik postingan yang akan dibahas.
-Hindari (jangan) Copy Paste
Copy paste tentu saja tidak disukai baik oleh pemilik tulisan asli, search engine, maupun pembaca, terutama yang sudah membaca postingan tersebut.
-Mengalir
Jika anda sudah nge-blog, maka itu sudah menjadi bagian dari hidup anda, tiap hari atau minimal seminggu sekali tentunya anda akan mengisi postingan anda. Oleh karena itu lakukan dengan ketulusan hati dan jangan terburu-buru. Buat nuansa nyaman dalam menuliskan sebuah postingan, ibarat anda berbicara langsung di hadapan para pengunjung blog anda.
-Pilihlah Bahasa
Anda harus menentukan dari awal, apakah blog anda akan ditulis dalam bahasa inggris atau dalam bahasa Indonesia. Ini tentunya akan berhubungan dengan target pembaca blog anda, dan program moneytizing yang akan anda gunakan. Kalo anda bisa, utamakan membuat blog dalam bahasa Inggris. Hal ini mengingat ruang lingkup pembaca blog anda akan lebih banyak dan tentu saja akan lebih banyak program moneytizing yang bisa anda ikuti. Tetapi jika anda berniat membuat blog dalam bahasa indonedia, hal ini juga tidak membuat blog anda sepi dari program moneytizing. Karena belakangan ini Program-program monetisasi berbasis bahasa indonesia mulai berkembang pesat.
-Ajak orang lain untuk berkomentar di blog anda dan aktiflah dalam menanggapi setiap komentar
Keaktifan anda dalam menanggapi komentar akan membuat pengunjung merasa dihargai, dan bisa jadi tanpa anda mintapun mereka akan sering berkunjung ke blog anda, bahkan merekomendasikan blog anda dengan memberikan link dari blog sipengunjung tadi.
-Pilihlah judul postingan yang menarik dan mewakili isi postingan
Judul postingan juga akan mempengaruhi posisi blog anda di search engine. Jadi, buatlah judul yang kira-kira akan dicari oleh orang-orang saat mencarinya di search engine.
-Promosikan blog anda dan lakukan teknik SEO sederhana
Secara umum, mempromosikan blog sama dengan mempromosikan web jenis lainnya, dan insyaAllah akan saya bahas di postingan saya yang akan datang.
Tips Menulis Konten Blog Berkualitas Tips Menulis Konten Blog Berkualitas Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi on July 28, 2011 Rating: 5

No comments:

Komentar