E-BOOK Al-Bidayah Wa Annihayah Ibn Katsir

Dalam kitab ini dijabarkan  awal mula manusia yang menjadi khalifah di muka bumi, kisah-kisah para nabi, dan umat-umat terdahulu sesuai dengan penjelasan Al Qur’an dan hadits-hadits shahih. Imam Ibnu Katsir -rahimahulloh-  juga mengupas tentang khabar gharib (langka), munkar dan khabar yang bersumber dari kaum bani Israil. Langkah selanjutnya dia menegaskan tentang sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad, -Sholallahu Alaihi Wassalam-  dan sejarah perkembangan Islam hingga pada masa hidup beliau imam ibnu katsir-rahimahulloh-  ( pada abad ke 8 Hijriah) .Kemudian dia beralih pada pembahasan tentang fitnah (bencana yang menimpa umat manusia), tanda-tanda Hari Kiamat, dan berbagai kondisi kehidupan akhirat.
Kitab tafsir terjemah Kitab Al Bidayah wa An-Nihayah  karya Imam Al Hafidz Ibnu Katsir -rahimahulloh- adalah salah satu dari sekian kitab terbaik sepanjang sejarah islam yang menjadi pondasi penulisan sejarah Islam dan bangsa Arab.
Kitab terjemah al bidayah wa an-nihayah ini menjadi pintu masuk berbagai dekade penulisan sejarah ,dimana kitab al bidayah wa an-nihayah ini ditulis pada akhir abad ke 8 Hijriyah. Di samping itu, kitab al bidayah ini adalah sebuah karya seorang ulama yang ahli hadits yang memahami hadits, yang mampu memperjelas kedudukan hadits dan menulis berbagai dasar-dasar ilmu hadits.

E-BOOK Al-Bidayah Wa Annihayah Ibn Katsir E-BOOK Al-Bidayah Wa Annihayah Ibn Katsir Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi on March 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Komentar