Membuat Web Dengan Mambo Joomla


Joomla berasal dari kata Swahili yang mengandung arti “kebersamaan”. Secara garis besar dan gamblang, Joomla Terdiri dari tiga elemen dasar yaitu server web (webserver), script PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/ Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten, Joomla! Menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya. Joomla! Juga suatu Sistem Manajemen Konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opersource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan Internet/ Intranet. Joomla! Diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performasi, RSS, blog, poling, dan lain-lain. Joomla! menggunakan lisensi GPL.
Untuk menghubungkan dengan server web, pertama kali pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla! Dengan mengekskusi URL pada browser yang kemudian terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query stirng selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameternya. Terahir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascip.Paket Joomla! Terdiri dari beberpa bagian ynng terpisah dan ermodul, yang sangat fleksibel, pat degan muah dikembangkan dan diintegraskan, sebagai contoh “plugins” WikiBot yang memperolehkan penulis di Jooma! Menggunakan “Wikitags” pada bagian artikel yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel wikipedia pada saat ditampilkan.

Membuat Web Dengan Mambo Joomla Membuat Web Dengan Mambo Joomla Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi on November 04, 2011 Rating: 5

No comments:

Komentar