Nilai Pendidikan Dalam Surat Al-Nahl Ayat 43-44 Implikasinya Dalam Pendidikan Islam

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan dalam surat al-Nahl ayat 43-44, 2) Bagaimanakah implikasi nilai-nilai pendidikan surat al-Nahl ayat 43-44 dalam pendidikan Islam.
Dalam konteks pendidikan Islam, bahwa pendidikan Islam merupakan proses pemeliharaan, pengasuhan dan pendewasaan anak, maka dalam proses tersebut tentulah memerlukan adanya seorang guru, materi pelajaran atau kurikulum dan juga metode yang digunakan untuk menyampaikan materi tersebut, dan akhirnya anak didik menjadi orang yang berilmu dan berpengetahuan.
Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library research). Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode interpretatif yakni metode yang berperan untuk mencari kandungan surat al-Nahl ayat 43-44. Metode tahlily yakni metode tafsir yang berusaha menguraikan al-Qur’an secara detail.
Setelah melakukan penelitian, maka diketahui bahwasanya nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam QS. al-Nahl ayat 43-44 adalah bahwa dalam surat al-Nahl ayat 43-44 terdapat komponen-komponen dalam pendidikan yaitu yang pertama bahwa Allah mengutus utusan seorang Rasul, kedua اهل الذكر di sini اهل الذكر dikatakan orang yang berilmu atau disebut dengan guru, dan nilai yang ketiga adalah adanya الذكر disebut dengan materi pelajaran atau kurikulum.
Download beberapa bab dibawah ini.
  1. Bab I
  2. Bab II
  3. Bab III
  4. Bab IV
  5. Bab V
Nilai Pendidikan Dalam Surat Al-Nahl Ayat 43-44 Implikasinya Dalam Pendidikan Islam Nilai Pendidikan Dalam Surat Al-Nahl Ayat 43-44 Implikasinya Dalam Pendidikan Islam Reviewed by As'ad Al-Tabi'in Al-Andalasi on October 24, 2011 Rating: 5

No comments:

Komentar